Beberapa materi baru hal yang akan ditambahkan dan perlu dibuatkan SK dan KD-nya adalah:
1. Tesselasi
2. Estimasi dan Aproksimasi
3. Strategi Pemecahan Masalah
4. ICT
Berikut penjelasannya.
1. TESSELASI
SK: Bagaimana kalau digabungkan ke dalam SK Geometri dan Pengukuran No 1 pada kelas IX Semester 1 yang berbunyi: "Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah"
KD: (tambahkan)
1.4. Menggunakan prinsip tesselasi untuk memperoleh desain yang baik
1.5. Mengidentifikasi pola dasar dari suatu tesselasi (jika ada) dari suatu desain
2. ESTIMASI dan APROKSIMASI
Estimasi dan Aproksimasi tampaknya perlu sejak KELAS VII. Estimasi dan Aproksimasi ini perlu disisipkan bukan hanya kepada materi bilangan, tetapi juga pada pengukuran, dan kalau perlu statistika.
Pada Kelas VII Semester 1, Estimasi dan Aproksimasi ini perlu disisipkan pada SK Bilangan no 1, yaitu: "Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah".
KD-nya ditambah sbb:
1.1. Menentukan estimasi hasil pengoperasian bilangan bulat dan pecahan sampai ke satuan terdekat yang ditentukan.
1.2. Diambilkan dari KD 1.1. aslinya
1.3. Diambilkan dari KD 1.2 aslinya
Pada Kelas VII Semester 2 tentang Geometri SK no 5, yaitu: "Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya"
KD-nya ditambah sbb:
5.5. Menentukan estimasi ukuran sudut
5.6. Menentukan hasil pengukuran suatu sudut ke satuan terdekat yang ditentukan
Pada Kelas IX Semester 1 tentang Statistika dan Peluang No 3, yaitu: "Melakukan pengolahan dan penyajian data"
KD-nya ditambah sbb:
3.3. Membuat estimasi mean, median, modus data berikut tafsirannya dengan pembulatan tertentu.
3. STRATEGI PEMECAHAN MASALAH
Penambahan strategi pemecahan masalah ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa, terutama dalam rangka memecahkan masalah non rutin. Sebenarnya ini hanya salah satu dari 5 syarat yang diperlukan untuk menjadi pemecah masalah yang baik dalam matematika, yaitu: (a) pemahaman konsep, (b) kelancaran berprosedur, (c) penguasaan penalaran adaptif, (d) kekayaan akan strategi pemecahan masalah, dan (d) disposisi yang produktif.
SK: Dikuasainya berbagai macam strategi pemecahan masalah yang bisa digunakan untuk memecahkan masalah, antara lain: working with a simpler problem, use systematic list, draw a picture/diagram/ table, working backward, guess and check, change point of view, use appropriate notation, dll.
Standar Kompetensi ini dicapai bilamana siswa mampu:
1. Mengenal berbagai macam strategi pemecahan masalah
2. Memilih dan menjalankan strategi yang sesuai untuk memecahkan masalah
3. Memecahkan masalah dengan lebih dari satu strategi
4. Menilai efektivitas dan efisiensi suatu strategi
Catatan
Penguasaan strategi pemecahan masalah di atas perlu dikembangkan mulai dari kelas VII sampai kelas IX. Pengenalan akan berbagai macam strategi pemecahan masalah bisa dimulai pada saat anak masuk sekolah (bagian dari Masa Orientasi Sekolah) dan dilanjutkan pada kegiatan belajar mengajar matematika setiap harinya.
ICT hendaknya lebih diberdayakan untuk membantu siswa terbiasa menggali informasi dari dunia maya dan menyajikannya kepada orang lain dengan cara yang menarik.
SK : Menguasai cara menggali informasi dari dunia maya dan menyajikannya kepada orang lain dengan cara yang menarik
Standar Kompetensi ini dicapai bilamana siswa mampu:
1. Mengumpulkan artikel/tulisan/informasi yang tersedia di dunia maya sesuai dengan tema yang ditetapkan
2. Memilah dan memilih informasi yang paling relevan dengan tugas
3. Menyajikan dalam bentuk tertulis, lisan, atau berupa tindakan yang membuat orang lain tertarik untuk mempelajarinya
Catatan
Penguasaan ICT di atas juga perlu dikembangkan mulai dari kelas VII sampai kelas IX. Pengenalan akan penggunaan ICT bisa dimulai pada saat awal anak masuk sekolah (bagian dari Masa Orientasi Sekolah) dan dilanjutkan pada kegiatan belajar mengajar matematika setiap harinya.
SEBAGAI AKIBATNYA, JAM PELAJARAN MENJADI 5 (LIMA) JAM PER MINGGU
0 komentar:
Posting Komentar